Monday, 29-Feb-2016 9:01

Makanan Halal di Bali

Sebagai daerah tujuan wisata utama di Indonesia tentu Bali memiliki berbagai macam jenis makanan dan restoran yang diperuntukkan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bali. Makanan-makanan tersebut dapat dijumpai di hampir seluruh tempat wisata utama di Bali baik dari yang menengah ke bawah maupun jenis makanan maupun restoran yang premium.

Untuk diketahui bahwa di Bali, Hindu merupakan agama yang dipeluk oleh mayoritas masyarakat di sini. Ada perbedaan mendasar dalam hal aturan makanan antara Hindu dan Islam. Bagi kita yang muslim tentu sangat terlarang memakan makanan yang mengandung babi maupun minuman yang mengandung alkohol namun bagi orang Hindu makanan dan minuman tersebut dibolehkan. Dalam hal lain kita dibolehkan untuk memakan makanan yang berasal dari sapi sedangkan bagi sebagian umat Hindu daging sapi merupakan makanan yang tidak diperbolehkan untuk dimakan.

Bagi sebagian besar umat Hindu di Bali sudah mengetahui bahwa orang Islam haram untuk makan babi, namun yang banyak atau sering kita jumpai adalah ketidaktahuan mereka tentang aturan halal haram lainnya dalam Islam. Penting bagi kita untuk bisa berempati dan tidak menonjolkan perbedaan ini.

Oleh sebab itu kita sebagai muslim sebaiknya berhati-hati bila ingin makan di suatu restoran atau tempat makan di Bali. Kita tentunya harus mengerti juga bahwa mereka bukan dengan sengaja menyajikan makanan yang tidak halal kepada kita namun itu disebabkan ketidaktahuan mereka akan kaidah-kaidah halal yang ada dalam agama Islam. Begitu juga ketika kita akan memakan makanan yang terbuat dari sapi kita juga harus menghormati sebisa mungkin apa yang menjadi keyakinan mereka.

Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan ketika memilih makanan halal di Bali, pertama cari restoran yang sudah memiliki sertifikat halal dari LPPOM MUI. Restoran-restoran seperti ini banyak ditemui pada restoran fast food Internasional seperti KFC, McD, Pizza Hut, dan lain-lain. Yang kedua, restoran Padang. Hampir 100% owner dari restoran Padang adalah muslim. Ketiga, warung muslim/warung Jawa. Rata-rata warung seperti ini dimiliki oleh para pendatang dari Jawa atau Madura yang berusaha di Bali.

Untuk informasi lebih detil tentang makanan halal di Bali atau restoran halal di bali, bisa menghubungi kami melalui cara di bawah ini:

Email: info@balihalaltour.com
Kantor: (0361) 755 080 atau
Hotline (24 hr): (+62) 85100 232525

Tripadvisor